Resep sambal goreng daging


Tak terasa ya sebentar lagi bulan ramadhan akan tiba setelah itu di sambut dengan idul fitri. Nah bicara soal idul fitri atau lebaran pasti saat perayaan umat muslim ini selalu dipenuhi oleh berbagai sajian resep masakan khas lebaran seperti ketupat, lontong sayur hingga opor ayam dan aneka resep ayam lainnya. Nah ada satu menu juga yang tak boleh ketinggalan saat lebaran yaitu resep sambal goreng daging. Sebagian dari anda pasti sudah tak asing dengan resep sambal yang satu ini, tapi bagi anda yang baru mendengarnya, tenang saja karena kali ini kita akan membahas tentang resep sambal goreng daging.

Seperti namanya, resep sambal goreng daging ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama olahannya. Banyak versi pada resep sambal goreng daging ini, ada yang menggunakan daging yang dipotong dadu kecil tetapi ada juga yang menggunakan daging giling. Sebetulnya apapun jenisnya pada resep sambal goreng daging ini tergantung dari selera anda. Penasaran ingin membuat dan mencicipinya? Berikut resep sambal goreng daging untuk anda.


Bahan :
300 gr daging berlemak
200 gr tomat merah, belah empat
500 cc santan cair
250 cc santan kental
2 lembar daun salam
1/2 jari lengkuas, memar
minyak goreng

Bumbu Halus :
10 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 cabai merah
garam dan gula jawa secukupnya

Cara Membuat :
1. Daging dipotong dadu / kotak – kotak kecil
2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan
3. Masukkan daun salam dan lengkuas hingga baunya harum.
4. Masukkan daging dan aduk rata
5. Santan cair dimasukkan dan masak hingga dagingnya lunak
6. Masukkan santan kental dan kecilkan api sambil diaduk hingga mendidih
7. Masukkan irisan tomat, masak terus sampai tomatnya layu dan santannya susut.
8. Angkat dan sambal goreng daging siap untuk disajikan.

Resep sambal goreng daging lezat ini bisa anda modifikasi lagi menggunakan ayam, ikan ataupun udang sesuai dengan selera anda.