KHASIAT KANDUNGAN BUAH NANGKA BAGI KESEHATAN

MANFAAT/ KHASIAT KANDUNGAN YANG TERDAPAT DALAM BUAH NANGKA BAGI KESEHATAN
Buah nangka selain memiliki rasa buah yang lezat, beraroma khas yang wangi ternyata juga kaya akan energi, serat, mineral dan vitamin.
Energi yang terkandung, per 100 gram buah nangka adalah 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat dan 1,2 gram protein. Vitamin yang terkandung adalah vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai buah lainnya. Oleh karena itu buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya :
  1. Mengoptimalkan fungsi tubuh, Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.
  2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh, Selain itu, buah ini kaya akan vitamin A dan C, merupakan nutrisi antioksidan yang menetralkan radikal bebas sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Mengurangi resiko jantung dan stroke, Kalium atau potassium yang terkandung dalam buah ini baik untuk mengontrol tekanan darah dan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.
  4. Proteksi terhadap kanker dan memperlambat penuaan, Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker dan memperlambat degenerasi sel sehingga memperlambat penuaan.
  5. Sumber energi yang baik bagi tubuh, Gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang terkandung dalam nangka, merupakan sumber energi yang baik baik dan mudah dicerna tubuh.
  6. Membantu sistem pencernaan, Nangka juga diketahui mengandung sifat anti-ulkus yang membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, kehadiran serat tinggi nangka mencegah sembelit dan membantu dalam pergerakan usus halus. Serat ini juga menawarkan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan menghapus mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar (kolon).
  7. Menjaga kesehatan mata dan kulit, Vitamin A yang terkandung dalam nangka merupakan nutrisi yang kuat untuk menjaga dan memelihara fungsi mata dan kulit. Hal ini juga membantu mencegah penyakit yang terkait dengan penglihatan seperti degenerasi makula dan rabun senja.
  8. Mencegah Anemia, Mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia dan juga membantu dalam sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh kita.
Banyaknya manfaat dari buah nangka, maka sangat dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi buah ini. Selain dapat dimakan secara langsung (nangka matang) juga dapat diolah dengan berbagai macam kreasi, seperti : gulai nangkanagasari nangkapuding nangka, bolu nangka dan masih banyak kreasi lainnya.
Walaupun betapa banyak manfaat dari buah ini, tidak dianjurkan juga untuk mengkonsumsinya secara berlebih-lebihan karena dapat menimbulkan banyak gas dalam perut.