Resep Kue Kering Lebaran



 
Hari raya seperti lebaran memang menguras isi kantung. Banyak kebutuhan yang memerlukan biaya tambahan. Apalagi hampir semua harga kebutuhan pokok dipastikan naik. Agar sedikit berhemat, tidak ada salahnya Anda membuat sendiri kue untuk suguhan lebaran nanti. Cookies keju adalah salah satu jenis kue kering favorit  yang praktis dan mudah dibuat. Tunggu apa lagi, baca resepnya dan praktekan. Siapa tau akan menjadi kue lebaran favorit keluarga. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo .

Cookies Keju


Bahan:
250 g tepung terigu rendah protein (cap kunci)
200 margarin/mentega
2 sdm tepung maizena
60  keju edam/cheddar, parut
2 butir kuning telur
1 sdm susu bubuk
¼ sdt baking powder
¼ sdt garam halus
Taburan:
60 g keju cheddar, parut
Olesan:
4 butir kuning telur, aduk rata
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, garam halus dan baking powder, aduk rata.
2. Masukkan margarin, kuning telur dan keju edam ke dalam campuran tepung, aduk dan uleni sebentar dengan tangan hingga terbentuk adonan yang dapat dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk dengan dua telapak tangan hingga terbentuk batang panjang , lingkarkan adonan hingga berbentuk lingkaran.
4. Letakan adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan kuning telur dan taburi atasnya dengan keju cheddar parut.
5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan.
6. Atur kue di dalam tempat saji. Hidangkan.
Untuk  400 g

Tip: Jangan mengaduk adonan dengan tangan terlalu lama, panas suhu tubuh akan membuat lemak mencair dan menyebabkan hasil kue kurang renyah.