Rahasia Ayam Goreng|Resep Ayam Goreng Gurih

Kalau sedang berkunjung di lesehan atau restoran besar dengan menu utama ayam goreng,  pernahkah di benak teman-teman bertanya, "Mengapa ayamnya bisa se-gurih dan se-empuk ini?, padahal saya juga sering goreng ayam, tapi rasanya tidak segurih dan seempuk ini.....". Nah untuk teman-teman yang ingin mengetahui rahasia besar bisnis franchise Ayam Goreng ini, silahkan simak baik-baik ya:

Ayam goreng gurih dan empuk merupakan sebuah hasil perpaduan antara teknik: perendaman dan penggorengan. Pertama kita bahas mengenai "perendaman", untuk mendapatkan ayam goreng empuk, dan bercitarasa istimewa, rendamlah ayam dengan air kelapa dan rempah-rempah pilihan kemudian didihkan, proses ini lebih dikenal dengan  mengungkep.

Selanjutnya adalah teknik menggoreng, untuk mendapatkan ayam goreng gurih, renyah, matang merata dan berwarna kuning kecoklatan, gunakan teknik deep frying atau yang lebih dikenal dengan "menggoreng menggunakan minyak banyak".


Baiklah, sekarang kita mulai untuk resepnya, resep ayam gurih dan empuk ini saya dapatkan dari Chef Budi, teman-teman dapat mengunjungi blog pribadinya Budi Boga

AYAM GORENG GURIH

Budi Sutomo
Bahan:
1 ekor ayam, potong menjadi sepuluh bagian
500 ml air kelapa
3 cm lengkuas, haluskan
2 cm jahe, haluskan
1 sdm ketumbar, haluskan
2 cm kunyit, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Larutkan semua bumbu dalam air kelapa, aduk rata. Masukkan daging ayam, diamkan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap.
2. Didihkan ayam beserta air kelapa berbumbu dalam api kecil. Setelah daging empuk, angkat, tiriskan.
2. Panaskan minyak banyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. angkat. Sajikan hangat dengan sambal terasi atau sambal tomat dan lalapan.

Untuk 5 Porsi

Tip:
  • Jika  menghendaki ayam empuk hingga ketulang-tulangnya. Rebus ayam dengan air kelapa berbumbu dalam panci presto selama 20 menit.
  • Bagi yang kesulitan mendapatkan air kelapa, silahkan gunakan rumus berikut: 250ml air + 1/2 sdt cuka + 2 sdt gula pasir + 1/4 sdt garam.


Selamat berkarya!

Admin TTM|Tips Trik Memasak